Mahasiswa

Kebijakan penerimaan mahasiswa baru terdokumentasi dengan sangat baik. Sistem rekrutmen calon mahasiswa baru mengacu pada Dokumen Manual Mutu (Quality Manual) Edisi II Nomor: MP.GKM.MH.001 tanggal 26 Agustus 2013; Dokumen Standar Akademik Edisi II Nomor: MP.GKM.MH.002 tanggal 26 Agustus 2013; SK Rektor USU No. 1786/H5.1.R/SK/KRK/2008, tentang Peraturan Akademik Sekolah Pascasarjana USU dan Manual Prosedur (SOP) Tata Cara Penerimaan Mahasiswa Baru.


Kebijakan rekrutmen mahasiswa baru pada Program Studi tidak semata-mata ditujukan untuk mendapatkan mahasiswa baru sesuai daya tampung Program Studi, tetapi lebih ditujukan untuk mendapatkan mahasiswa baru yang memenuhi persyaratan kemampuan akademik sehingga diyakini dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan kebijakan mutu Program Studi pada aspek masukan (input) yang menjadikan calon mahasiswa sebagai salah satu parameter input untuk mencapai keluaran (output) berupa lulusan yang berkualitas.


Berdasarkan pertimbangan tersebut, kebijakan umum rekrutmen mahasiswa baru ditetapkan untuk mendapatkan calon peserta yang mempunyai kemampuan akademik yang baik, bersikap dan berkelakuan baik serta kemungkinan besar menyelesaikan studi dengan baik dan tepat pada waktunya.
Berdasarkan kebijakan rekrutmen tersebut, Program Studi menyusun kriteria seleksi mahasiswa baru yang terdiri dari : seleksi administratif dan seleksi kemampuan akademik.

Seleksi Administratif
Penerimaan mahasiswa baru untuk kelas regular dan paralel dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan juli setiap tahunnya, sedangkan penerimaan mahasiswa baru untuk kelas khusus Hukum Ekonomi dilaksanakan dua kali dalam satu tahun ajaran, yakni pada bulan Desember sampai dengan Januari dan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juli.

 

Jumlah Mahasiswa Mendaftar dan Diterima pada Program Doktor (S3) Ilmu Hukum USU T.A. T.A. 2011/2012 – 2015/2016

No Tahun Mahasiswa Mendaftar Mahasiswa Diterima

01

02

03

04

05

2011/2012

2012/2013

2013/2014

2014/2015

2015/2016

21

25

30

16

17

18

20

16

13

13

Jumlah 109 80

 

Profil mahasiswa yang diterima dalam program doktor memiliki nilai akademik yang cukup bervariasi, yang dapat dilihat dari nilai transkripnya. Mahasiswa yang diterima berasal dari berbagai Magister Ilmu Hukum atau Magister Kenotariatan yang ada di Indonesia. Secara sosio ekonomi, mahasiswa yang diterima berasal dari provinsi Sumatera Utara dan di luarnya (provinsi Aceh, provinsi Sumatera Barat, provinsi Batam, provinsi Bengkulu). Pekerjaan mahasiswa beraneka ragam yaitu dosen PTN dan PTS, Advokat, Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman, Notaris, Badan Pertanahan Nasional, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan swasta. Secara pribadi, mahasiswa yang diterima memiliki kemandirian penuh dan sangat kreatif, memiliki sikap tindak yang baik dan tidak tercela. Dengan profil yang digambarkan demikian, diharapkan mahasiswa yang mengikuti proses belajar pada program doktor memiliki jati diri sesuai yang dikehendaki program. 

Mahasiswa program doktor banyak terlibat dalam kegiatan yang relevan dengan bidangnya masing-masing, seperti dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan pembuatan jurnal internasional, seminar, workshop, lokakarya, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Pelayanan untuk mahasiswa program diberikan dalam bentuk bantuan tutorial akademik yang diberikan oleh staf pengajar jika mahasiswa menghadapi hambatan dalam masalah akademik. Selain itu, pelayanan diberikan juga dalam bentuk informasi dan bimbingan karir yang dilakukan melalui Pusat Jasa Ketenagakerjaan Universitas Sumatera Utara. Pada lembaga ini, mahasiswa dapat memperoleh semua informasi baik internal maupun eksternal dan bimbingan karir mahasiswa untuk memilih pekerjaan di masa depan. Program ini juga menyediakan pelayanan dalam bentuk konseling pribadi dan sosial jika mahasiswa menghadapi masalah-masalah yang dilaksanakan oleh lembaga konseling Universitas Sumatera Utara.